Rukun Dan Damai Sejahtera

Bacaan Alkitab :  Mazmur 133 : 1—3

Kokoh,kuat, megah dan indah suatu bangunan sangat ditentukan oleh pilar-pilar yang menyangganya. Mazmur pujian ini berujar tentang pentingnya pilar dalam suatu keluarga besar. Pilar yang dimaksud adalah hidup rukun, diam bersama; Hidup rukun dan diam bersama dalam keluarga sangat bermakna serta luas dampaknya. Begitu elok dan indahnya hidup rukun dan diam bersama sehingga perselisihan, pertikaian dan perpecahan dalam satu keluarga sangatlah disesalkan. Keharmonisan dan kerukunan dalam keluarga diciderai oleh perbedaan yang memecah belah.

             Kerukunan dan keharmonisan dalam keluarga dilukiskan begitu indah oleh pemazmur : Seperti minyak yang baik di atas kepala meleleh ke janggut dan ke leher jubahnya …..” (ay 2). Waktu itu, minyak pilihan yang dicampur rempah-rempah, menyegarkan dan wangi untuk menguatkan, menyuburkan dan melicinkan rambut. Minyak itu juga merawat dan memelihara agar kulit tetap baik dan segar. Bahkan secara ritual keagamaan, minyak itu dipakai untuk penobatan atau penahbisan imam atau raja. Selanjutnya pemazmur mengungkapkan, hidup rukun dan diam bersama akan memberi berkat dan manfaat dalam kehidupan bersama. Bagaikan embun gunung Hermon yang mengaliri tanaman dan tumbuh-tumbuhan di bukit zion. Menyebabkan lading dan tumbuh-tumbuhan tidak kering dan layu, meskipun di musim kemarau. Sebaliknya memberi hasil yang berlimpah yang mensejahterakan umat Tuhan. Bahkan dikatakan bahwa di tengah hidup rukun dan diam bersama itulah Tuhan memerintahkan berkat kehidupan , kesejahteraan selama-lamanya bagi umat Tuhan.

Hidup rukun dan diam bersama yang kita wujudkan melalui perjamuan kudus di hari ini kiranya meyakinkan kita bahwa Tuhan Yesus akan dating dan  memerintahkan berkat kehidupan dan kesejahteraan kepada kita semua yang setia mewujudkan hidup rukun dan diam bersama dengan sejahtera.